iklan

Pertanian Organik Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

incagri.com Incagri.com

Pertanian Organik adalah pertanian dengan sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan – bahan alami yang menghindari atau membatasi penggunaan pupuk kimia, pestisida, herbisida, zat pengatur tumbuh dan aditif pakan. Pertanian organik merupakan kegiatan dalam bercocok tanam yang ramah dengan lingkungan dengan meminimalkan dampak negatif yang terjadi bagi lingkungan sekitar dengan ciri utama dari pertanian organik yaitu dengan menggunakan varietas lokal, pupuk, dan menggunakan pestisida organik. Selain itu, pertanian organik menggunakan cara penanaman secara alami dengan melakukan penekanan terhadap perlindungan di lingkungan dan melestarikan tanah serta menjaga sumber air sehingga tidak tercemar oleh bahan – bahan kimia.

Tujuan utama dari pertanian organik yaitu menyediakan bahan – bahan pertanian yang bebas dari bahaya dan tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan sehingga kelestarian lingkungan sekitar terjaga. Selain itu, pertanian organik bertujuan untuk melestarikan dan meingkatkan kesehatan organisme dan ekosistem. Pertanian organik hadir sebagai solusi untuk menghasilkan makanan bermutu tinggi serta bergizi yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan lingkungan yang menghindari pemakaian bahan – bahan kimia yang mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan. Oleh karena itu, pertanian organik dapat diaplikasikan dengan mengubah sistem pola pertanian yang sudah diterapkan dengan menggunakan bahan – bahan alami yang tidak merusak lingkungan.

Kesadaran masyarakat tentang bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis dalam pertanian menjadikan pertanian organik lebih menarik perhatian baik di tingkat produsen maupun konsumen. Kebanyakan konsumen akan memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan, sehingga mendorong meningkatkan permintaan produk organik. Pola hidup masyarakat yang sudah berkembang lebih baik dengan mengedepankan keamanan dan kesehatan menjadi trend baru dan telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus berlabel aman dikonsumsi. Sejauh ini pertanian organik disambut baik oleh banyak kalangan masyarakat, meskipun dengan pemahaman yang berbeda. Oleh karena itu, permintaan konsumen terhadap bahan – bahan pertanian organik menjadi meningkat dengan pesat.

incagri.com Incagri.com

Pertanian organik tidak hanya sebatas meniadakan penggunaan input sintetis, tetapi juga pemanfaatan sumber-sumber daya alam secara berkelanjutan, produksi makanan sehat dan menghemat energi. Aspek ekonomi dapat berkelanjutan bila produksi pertaniannya mampu mencukupi kebutuhan dan memberikan pendapatan yang cukup bagi petani. Pertanian organik diyakini mampu mencukupi kebutuhan dan memberikan pendapatan yang cukup bagi petani dikarenakan dengan menggunakan produk pertanian dari bahan organik mengurangi tingkat kerusakan bagi tanaman atau mengurangi hama yang biasanya terdapat pada tanaman selain itu dengan menggunakan bahan organik sehingga tidak merusak mikroorganisme yang membantu proses pertumbuhan tanaman karena dengan menggunakan bahan kimia dapat merusak mikroorganisme yang terdapat di lingkungan. Salah satu contoh yang dapat dillihat dilingkungan sekitar yaitu mengolah limbah dari peternakan menjadi pupuk organik yang aman dan terbebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Indonesia merupakan negara dengan mata pencaharian utama adalah bercocok tanam. Sementara itu, dengan lahan pertanian  yang kian sempit dan pola pikir masyarakat yang memandang sebelah mata dengan sektor pertanian. Oleh karena itu, solusi yang sudah ditemukan pada jaman sekarang untuk memajukan pertanian di Indonesia yang ramah lingkungan adalah dengan mengembangkan pertanian organik. Maka dari itu, dengan menggunakan atau membudidayakan tanaman dengan menggunakan pertanian organik akan membawa pertanian dalam jangka waktu yang panjang dan memberikan solusi tanaman pangan yang sehat. Dapat dilihat dari kondisi permintaan produk pertanian organik terus meningkat sehubungan dengan masyarakat yang mulai menyadari akan bahaya makanan non organik maka perlu bagi pemerintah dan semua pihak segera mewujudkan pertanian organik untuk terus memanfaatkan potensi pertanian yang masih cukup besar untuk dikembangkan.

oleh: Arini Ayu Ardianti

incagri.com Incagri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *