iklan

Ashwagandha Sebagai Obat Kanker

incagri.com Incagri.com

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Jemal et. al (2011) kanker merupakan salah penyebab utama kematian di negara industri dan penyebab kedua kematian di negara berkembang. Setiap tahunnya kasus kanker di seluruh dunia sebesar 12,7 juta dengan angka kematian 7,6 juta (Al-Dimassi, 2014). Kanker adalah sel-sel jaringan tubuh yang tumbuh tidak normal sehingga terjadi mutasi dan perubahan struktur biokimia (Wijaya dan Muchtaridi, 2017).

Saat ini biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan proses penyembuhan penyakit kanker tergolong sangat mahal. Beberapa kejadian di indonesia masyarakat atau pasien yang terkena panyakit kanker harus melakukan operasi dengan biaya yang sangat mahal. Biaya yang sangat mahal tentunya tidak semua pasien dapat membayarnya untuk melakukan operasi atau pengobatan. Sehingga perlu ada alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengobati kanker dengan biaya yang murah.

Pengobatan kanker yang relatif murah dan terjangkau, salah satunya dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat. Obat alami yang dapat digunakan sebagai obat kanker adalah ashwagandha. Ashwagandha merupakan tanaman semak atau gingseng india yang umunya digunakan di ayurveda dan sudah di gunakan di india sejak 5000 tahun lalu  yang dikenal dengan “herbal untuk awet muda dan memperpanjang usia”.

incagri.com Incagri.com

Penelitian Ashwagandha sudah banyak dilakukan oleh beberapa peneliti, salah satunya penelitian widodo et. al (2007). Penelitian yang dilakukan menggunakan menggunakan tikus sebagai bahan percobaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tikus yang sudah diinjeksi dengan ekstrak daun Ashwagandha pada hari ke-20 tumornya hilang. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak daun Ashwagandha sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tumor pada tubuh tikus.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ashwagandha dapat digunakan sebagai salah satu obat alami dan murah. Pengembangan atau budidaya Ashwagandha saat ini masih sangat kurang, sehingga bisa menjadi sebuah peluang untuk dijadikan sebagai budidaya tanaman obat-obatan. Sebagai negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman hayati, indonesia harusnya dapat menjadi sebagai sentra tanaman obat.

incagri.com Incagri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *