iklan

Banyak makan, tapi kurus.

incagri.com Incagri.com

Makan banyak bukan berarti Anda pasti akan menjadi gemuk seketika, karena banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang bisa menjadi gemuk/ kurus. Faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang adalah :

1. Banyaknya aktivitas fisik.
2. Genetik.
3. Penyakit kronis seperti TBC / vlek paru, Diabetes, Penyakit jantung, Penyakit hati, gangguan tiroid.
4. Stress psikis.
5. Obat obatan.
6. Faktor istirahat.
7. Faktor lingkungan keluarga.
8. Pola diet yang salah.

Penyebab di atas, bisa jadi benar. Tapi ada dua hal utama yang tidak disebutkan, yang selama ini mengganggu pikiran saya mengenai penyebabnya, yaitu :

1. Konsumsi makanan yang sebenarnya bukan makanan, atau salah menilai kualitas makanan.

Kolostrum segar, dan kolostrum yang sudah direbus, nilai gizinya kalau diukur dengan metoda saat ini bisa dikatakan sama persis. Tapi memberi bayi dengan kolostrum yang sudah direbus, bisa menyebabkan bayi (manusia maupun hewan) mati seketika. Ikan kering dan ikan segar, bisa jadi kandungan gizinya lebih tinggi ikan kering, tapi dampaknya terhadap kesehatan sangat jauh berbeda. Menelaah “The miracle of enzymes” karya Prof Hiromi, intinya : Makanan tanpa kelengkapan enzimnya (enzim dari makanan tersebut atau enzim “pasangan”nya yang diproduksi tubuh manusia) adalah sampah. Enzim adalah protein yang sensitif terhadap panas. Padahal sebagian besar makanan kita diolah dengan panas tinggi.

incagri.com Incagri.com

2. Gizi dan nutrisi yang benar-benar dikonsumsi, bukanlah yang masuk mulut, melainkan yang diserap oleh usus dan diedarkan oleh darah.

Coba telah beberapa butir jagung pipil yang kering. Lihat apa yang dibuang keesokan harinya : tetap butiran jagung ! Efisiensi pencernaan untuk menyerap jagung pipil adalah NOL !. Jadi, kata kuncinya adalah seberapa tinggi efisiensi pencernaan kita dalam menyerap makanan. Kalaupun makanannya sudah benar, tapi pencernaan kita buruk, maka makanan cuma lewat saja.

Kesimpulan.

Untuk mengantisipasi dua hal tersebut, Kefir memegang peranan penting.

1. Kefir merupakan makan yang diolah tanpa pemanasan sama sekali, dan selalu diupayakan dari bahan segar. Dengan demikian enzimnya lengkap. Kefir juga menyediakan bahan baku yang memadai agar tubuh bisa membuat enzim yang dibutuhkan untuk proses metabolisme.

2. Fokus utama Kefir, selain masalah gizi/nutrisi adalah penyempurnaan kerja pencernaan, terutama menyediakan probiotik yang diperlukan agar keseluruhan proses pencernaan berjalan baik. Mikroba pencernaan (seharusnya) jumlahnya jauh lebih besar dari jumlah seluruh sel dalam tubuh kita.Tidak ada pangan apapun juga yang menyediakan probiotik dalam jumlah dan jenis yang lebih banyak dari Kefir !

Tapi ingat… ingat…!

Kefir bukan segalanya dan satu-satunya.
Simak lagi bahasan tentang menjaga kesehatan secara holistik…

Salam sehat Kefir.

Oleh : Andang Kasriadi (Komunitas Kefir Indonesia)

incagri.com Incagri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *