iklan

Ekonomi lokal di Kawasan Produktif

incagri.com Incagri.com

Ekonomi lokal adalah ekonomi yang dibangun dengan sepenuhnya menggunakan kemampuan sumberdaya lokal baik alam maupun manusia. Lokal dalam konteks ini adalah kawasan ekonomi dimana masyarakat setempat hidup, dan bukan hanya sekedar agregasi ekonomi. Dalam pengertian harfiah, lokal merujuk atau asosiasikan dengan area atau ciri-ciri tertentu.  Sementara itu,lokal bisnis adalah “Acompanywhich provides good sorservices to a lokal population. Though most often used when referring to a lokally-ownedbusiness, the term may also be used to describe a franchiseor corporate branch operating within a lokal area”. Definisi ini mengandung makna bahwa lokal bisnis berarti adalah bisnis lokal yang tidak memiliki cabang atau usaha-usaha lain di luar kawasan dimana dia tumbuh dan berkembang.

Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) sebagai salah satu instrumen pembangunan mendapat tempat dalam perdebatan pembangunan seiring isu otonomi dan partisipasi masyarakat. Ekonomi lokal diyakini mampu menyediakan pendekatan dan berbagai strategi bagi daerah untuk meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu tak lepas dari dasar pemikiran ekonomi lokal yang menjadikan sumberdaya lokal sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi.

Bank Dunia mendefinisikan PEL sebagai proses yang dilakukan secara bersama oleh pemerintah, usahawan, dan organisasi non pemerintah untuk menciptakan kondisi yang lebih baik untuk pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di tingkat lokal. Sementara itu, ILO PEL adalah proses partisipatif yang mendorong kemitraan antara dunia usaha dan pemerintah dan masyarakat pada wilayah tertentu, yang memungkinkan kerjasama dalam perancangan dan pelaksanaan strategi pembangunan secara umum, dengan menggunakan sumber daya lokal dan keuntungan kompetitif berkonteks global dan ditujukan menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan merangsang kegiatan ekonomi.

incagri.com Incagri.com

Selain itu, menurut (Munir, 2007) pengembangan ekonomi lokal (PEL) adalah suatu proses yang mencoba merumuskan kelembagaan-kelembagaan pembangunan di daerah, peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan produk-produk yang lebih baik serta pembinaan industri dan kegiatan usaha pada skala lokal. Dengan demikian pengembangan ekonomi lokal adalah usaha untuk meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat lokal dengan memanfaatkan sepenuhnya sumberdaya lokal.

Sementara itu, Helming (2005) mengatakan bahwa pengembangan ekonomi lokal adalah suatu proses dimana kemitraan yang mapan antara pemerintah daerah, kelompok berbasis masyarakat, dan dunia usaha mengelola sumber daya yang ada untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan merangsang (pertumbuhan) ekonomi pada suatu wilayah tertentu. Definisi ini memberikan gambaran bahwa kontrol lokal, dan penggunaan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik menjadi fokus dari pembangunan ekonomi lokal.

Menurut Glasson (1990) konsep dasar basis ekonomi membagi perekonomian menjadi dua sektor yaitu: 1) Sektor-sektor basis adalah sektor-sektor yang mengekspor barang-barang dan jasa ke luar batas perekomian masyarakat yang bersangkutan atas masukan barang dan jasa mereka kepada masyarakat yang datang dari luar perbatasan perekonomian masyarakat yang bersangkutan. 2) Sektor-sektor bukan basis adalah sektor-sektor yang menjadikan barang-barang yang dibutuhkan oleh orang yang bertempat tinggal di dalam batas perekonomian masyarakat bersangkutan.

Secara umum, ekonomi lokal akan tumbuh dan berkembang jika aktor utama dalam pembangunan saling terkait untuk mempromosikan. Aktor tersebut terdiri dari unsur pemerintah, komunitas lokal dan sektor swasta lokal. Sebagaimana dijelaskan di atas, karakteristik dari ekonomi lokal adalah adanya hubungan erat antara komunitas dan pelaku bisnis erat baik dalam proses produksi maupun distribusi. Sebagai ilustrasi gambar berikut menunjukan hubungan antara ketiganya sebagai proses timbal balik

Gambar 1: Hubungan Timbal Balik antar Aktor dalam Pengembangan  Ekonomi Lokal

Ekonomi lokal sebagai sistem ekonomi yang berbasis potensi/sumberdaya lokal atau komunitas atau masyarakat lokal, seyogjanya merupakan sistem yang terintegrasi.

incagri.com Incagri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *