iklan

Peluang Bisnis Tanaman Herbal-Jahe Gajah

Olahan jahe menjadi bahan minuman dan makanan yang pas untuk melewati malam di kota dingin seperti di Malang. Untuk itulah, dalam setahun terakhir  ini Mas Erekso tertarik membudidayakan dan berbisnis jahe. Pemuda rantau yang multitalenta dan pekerja keras membaca peluang bisnis ini dengan memanfaatkan lahan di pinggir hutan Gunung Arjuno.

Arafat, salah seorang rekan bisnis Mas Erekso  di Karangploso Malang mengatakan bahwa ada tiga jenis jahe di pasaran. Yaitu jahe gajah, jahe merah, dan jahe emprit.

incagri.com Incagri.com

Di antara ketiga jenis jahe tersebut, jahe gajah yang paling laris dijual. ”Karena jahe gajah seratnya lebih halus, banyak mengandung air, aromanya tidak setajam jahe jenis lainnya dan tidak terlalu pedas,” jelas pemuda yang sudah 2 tahun menanam jahe  ini.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, jahe gajah menjadi jenis jahe yang bisa digunakan sebagai bahan membuat makanan dan minuman masyarakat. Misalnya makanan ringan ginger cookies dan minuman seperti cocktail ,STMJ dan jahe hangat.

Di pasaran, jahe gajah ini dibanderol dengan harga Rp 10 ribu per kilogramnya, sedangkan kemasan 500gram yang disetor ke pasar modern dihargai 15 ribu.

incagri.com Incagri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *